Monday 8 April 2013

Upaya Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani Dengan Olahraga

A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Memang tak dapat dipungkiri, perkembangan dan tuntutan zaman ini telah membawa kita kepada era modernisasi. Dimana zaman sudah sangat modern dan perkembangan teknologi sudah semakin maju. Semua kebutuhan manusia seakan telah terpenuhi. Sehingga manusia tidak perlu lagi bersusah payah untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, di sini saya melihat perkembangan zaman ini membuat manusia jarang sekali melakukan aktivitas jasmani dan berolahraga karena semua telah tergantikan dan dipermudah oleh teknologi. Kita dapat melihat di lingkungan sekitar kita. Di UNY ini misalnya, saya sudah jarang sekali melihat mahasiswa yang berangkat ke kampus dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Kebanyakan dari  mereka telah menggunakan kendaraan bermotor karena dianggap lebih nyaman, dapat mempersingkat waktu dan tidak membuat lelah. Contoh lagi, di gedung LPPMP saya melihat ada tangga manual dan lift untuk naik ke lantai atas. Ketika kita dihadapkan dengan dua pilihan yaitu antara menggunakan tangga manual atau menggunakan lift, pasti kita akan memilih menggunakan lift karena lebih nyaman, cepat dan tidak membuat lelah. Padahal dengan bersepeda, berjalan kaki ke kampus atau menaiki tangga manual, kita sudah melakukan aktivitas jasmani. Hal-hal kecil semacam itu bisa membuat jasmani kita tetap bugar jika dilakukan berulang-ulang kali setiap harinya. Melakukan aktivitas jasmani tidak harus dengan olahraga yang berat. Aktivitas jasmani bisa dilakukan dengan hal-hal yang tak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari yaitu; jalan, lari, lempar dan lompat.
B. Rumusan Masalah
1. Terkait dengan latar belakang tersebut, bagaimana sikap kita dalam menyikapi perkembangan dan tuntutan zaman agar jasmani kita tetap bugar?
C. Pembahasan
Dalam menjalankan aktivitas yang padat dalam keseharian kita, kita perlu menjaga kesehatan kita agar tetap sehat dan bugar jasmani maupun rohani. Saat kita sudah merasa sehat, maka kita cenderung akan melupakan tentang menjaga kesehatan kita. Kesehatan itu sangatlah penting, banyak orang yang telah menghabiskan uang jutaan rupiah karena menginginkan kesehatannya. Kebugaran adalah potensi besar yang hars dimiliki oleh setiap orang agar dapat beraktivitas dengan maksimal. Bagaimana mungkin akan mencapai hasil yang maksimal jika kita mudah lelah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kita. Menurut Depdikbud (1997: 4), kebugaran jasmani pada hakekatnya berkenaan dengan kemampuan dan kesanggupan fisik seseorang untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari secara efisien dan efektif dalam waktu yang relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, dan masih memiliki tenaga cadangan untuk melaksanakan aktivitas lainnya. Sedangkan menurut Engkos Kosasih (1985: 10), kebugaran jasmani adalah suatu keadaan seseorang yang mempunyai kekuatan (strength), kemampuan (ability), kesanggupan, dan daya tahan untuk melakukan pekerjaannya dengan efisien tanpa kelelahan.
            Di era modernisasi ini, semua pekerjaan dan kebutuhan manusia telah terpenuhi dengan adanya teknologi yang sudah sangat maju. Semua itu memang tak bisa dipungkiri lagi karena kita juga harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Namun bukan berarti manusia sudah tidak harus melakukan aktivitas-aktivitas jasmani dan olahraga karena semua telah dipermudah oleh teknologi. Kita harus sadar betul akan pentingnya kebugaran jasmani bagi tubuh kita. Kita harus pandai-pandainya menyikapi perkembangan dan tuntutan zaman ini demi kebugaran jasmani kita. Di zaman yang serba modern ini, perkembangan teknologi secara tidak langsung akan mengurangi tingkat kebugaran jasmani seseorang. Kebugaran sangat berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Memang, saya yakin bahwa semua mahasiswa di FIK ini mempunyai tingkat kesehatan jasmani yang bugar. Tapi coba kita lihat di lingkungan fakultas-fakultas lain di UNY ini. Apakah mereka juga mempunyai kebugaran jasmani seperti kita. Inilah yang perlu diperhatikan. Banyaknya kegiatan yang padat membuat para mahasiswa lupa akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani maupun rohani mereka, mereka terlalu sibuk dengan aktivitas mereka sebagai mahasiswa sehingga mengesampingkan hal-hal tersebut. Seorang pakar kesehatan di Amerika Serikat menyatakan bahwa yang tidak berolahraga sama bahayanya dengan merokok. Lau bagaimana dengan orang-orang yang merokok, dan tidak pernah berolahraga. Kita harus bisa mengimbangi semua aktivitas sehari-hari dengan berolahraga. Untuk menjaga agar seseorang tetap memiliki tingkat kesehatan jasmani yang bugar, salah satu bentuk aktivitas yang dapat dilakukan adalah berolahraga. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat membawa manusia untuk menyehatkan jasmani maupun rohaninya. Kegiatan olahraga dapat dilakukan dimana saja, di luar ruangan (out door) ataupun di dalam ruangan (in door).  Sebenarnya di UNY ini juga sudah melakukan kegiatan senam rutin setiap hari jumat pagi. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran jasmani seseorang. Tetapi, seperti yang dikatakan Pak Margono pada perkuliahan minggu lalu, ''sudah hanya dilakukan seminggu sekali, senamnya disambi ngrumpi''. Inilah yang membuat kegiatan seperti ini menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Untuk menyikapi semua itu, kita harus melakukan gerak olahraga di waktu senggang. Seperti, jalan-jalan di pagi hari, bersepeda di sore hari dan sebagainya. Jika kegiatan semacam ini dilakukan secra rutin, kebugaran jasmani kita akan selalu terjaga dengan baik. Kita harus pandai-pandainya mengatur waktu dan meluangkannya demi kesehatn dan kebugaran jasmani kita.  Sebenarnya, semua tergantung pada diri kita masing-masing, Apakah kita sadar akan pentingnya kebugaran jasmani atau tidak.
D. Penutup
1. Kesimpulan
            Pada zaman modernisasi ini manusia dituntut untuk selalu manjaga kesehatan jasmaninya dengan melakukan aktivitas jasmani dan berolahraga. Karena pada era modern ini, manusia selalu melakukan aktivitas yang padat. Jangan sampai kita diperbudak oleh perkembangan teknologi dan informasi yang sudah sangat maju ini. Kita harus sadar bahwa kebugaran jasmani itu sangat penting agar dapat melakukan aktivitas secara optimal. Agar badan kita tetap sehat baik jasmani maupun rohani maka yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kita dengan sebaik-baiknya di dalam padatnya aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Kita harus pandai-pandai mengatur waktu dan meluangkannya untuk melakukan olahraga secara rutin.
2. Saran
            Selain hal-hal tersebut, saya ingin memasukkan usulan di dalam karya ini. Saya mempunyai gagasan mengenai kegiatan untuk menjaga kebugaran jasmani mahasiswa UNY. Saya mengusulkan untuk diadakannya program sehari bike to kampus, jadi disini semua mahasiswa yang pergi ke kampus tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor. Mereka bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Sebenarnya saya melihat kebanyakan dari mahasiswa UNY ini bertempat tinggal atau kos yang tidak jauh dari lingkungan kampus. Itu adalah jarak yang masih terjangkau jika menggunakan sepeda atau berjalan kaki tetapi mereka masih memilih sepeda motor yang dianggap lebih cepat dan tidak membuat lelah. Dan untuk yang bertempat tinggal di luar kota, mereka harus menuntun kendaraannya dari depan kampus sampai ke tempat parkiran. Walau hanya sehari dalam satu minggu, tetapi jika program ini berjalan terus dengan lancar, ini akan sedikit membantu kita untuk tetap menjaga kebugaran jasmani kita.


3. Daftar Pustaka
Depdikbud. 1997. Kebugaran Jasmani. Artikel. Diakses dari http://id.shvoong.com/social-science/education/2239774-penjelasan-mengenai-kebugaran-jasmani/#ixzz2ON8iEno
Kosasih, Engkos. 1985. Kebugaran Jasmani. Artikel. Diakses dari http://id.shvoong.com/social-science/education/2239774-penjelasan-mengenai-kebugaran-jasmani/#ixzz2ON8iEno
http: www.wordpress.com
            http: www.wikipedia.or.id

1 comment: